Apa itu Puisi ? Pengertian Puisi dan Unsur Pembentuk Puisi


ZONANGALONG.COM - Pengertian puisi adalah tulisan yang disusun sedemikian rupa dengan menggunakan kata-kata yang estetik dan dapat menghasilkan makna multi interpretasi yang menginspirasi dan menggerakkan hati pembaca dalam bentuk pesan, pesan atau pembentuk mood saja.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Unsur Puisi (Struktur Puisi)

Pengertian puisi juga harus dipahami melalui unsur-unsur penyusunnya yang menjadikan sebuah karya menjadi puisi. Secara garis besar unsur puisi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu struktur fisik dan struktur mental. Di bawah ini adalah uraian dari masing-masing elemen tersebut.

Elemen Fisik

Unsur fisik berarti berbagai pembentuk tema dalam bentuk langsung seperti kata konkret, diksi (pilihan kata), gaya bahasa, gambaran (imajinasi), dll. Unsur fisik tersebut akan dijelaskan dalam penjelasan berikut ini:

Diksi (Pemilihan Kata)

Kata-kata dalam puisi merupakan hasil pertimbangan dan seleksi penulis, baik makna, aransemen bunyi, maupun keterkaitan antara kata-kata dalam setiap baris dan bait. Biasanya puisi akan menggunakan kata-kata konotatif (artinya tidak sebenarnya) dan kata-kata yang bersifat simbolis atau kata-kata yang mewakili arti lain.

Gambar (Imajinasi)

Citra adalah susunan kata atau kata yang dapat menimbulkan suasana, perasaan, atau bentuk imajinasi lainnya berupa imajinasi berbagai indera manusia seperti pendengaran, penglihatan, hingga peraba.

Kata konkret

Yang dimaksud kata konkret adalah kata yang mewakili sebuah makna wujud, fisik; benar-benar mewakili sesuatu yang wujudnya nyata dan sudah tidak abstrak atau tidak jelas. Boleh dibilang kata konkret adalah kebalikan dari kata simbol, konotasi atau gaya bahasa lain yang tidak mewaikili objek atau subjek yang sebenarnya.

Majas (Bahasa Figuratif)

Majas adalah susunan kata atau suatu kalimat yang dapat memancarkan banyak makna sekaligus melalui gaya bahasa yang disampaikan secara imajinatif dan kiasan dengan cara membandingkan, melebih-lebihkan, dsb.

Misalnya majas hiperbola berarti gaya bahasa yang melebih-lebihkan, metafora adalah membandingkan sesuatu dengan sesuatu yang lain namun masuk akal, hingga personifikasi yang memanusiakan sesuatu yang bukan manusia; nyiur melambai.

Versifikasi

Versifikasi adalah semua hal yang bersinggungan dengan bunyi dalam setiap kata, baris dan bait puisi. Terdiri dari rima, ritma dan metrum. Rima adalah pengulangan bunyi yang sama dari suatu bait puisi. Sementara Ritma adalah susunan turun naiknya bunyi secara teratur dalam suatu baris. Kemudian, metrum adalah satuan irama yang ditentukan oleh jumlah dan tekanan suku kata dalam setiap baris puisi, lebih banyak huruf vokal “i” atau “u” dalam suatu baris?

Tipografi

Tipografi adalah tata letak berbagai satuan bahasa dalam puisi. Apakah puisi itu terdiri dari satu dua bait dengan rima yang sama, lalu dua bait lagi berbeda. Kemudian satu bait itu terdiri dari berapa baris? Bagaimana keterhubungan antar bait, dsb.

Unsur Batin

Sebaliknya dari unsur fisik, unsur batin adalah hal-hal yang tidak tampak atau tak kasat mata, namun secara tidak langsung kehadirannya dapat dirasakan. Unsur batin puisi meliputi: tema (sense), perasaan (feeling), nada atau sikap penyair terhadap pembaca (tone), dan amanat (intention) 

Tema

Tema adalah gagasan pokok yang ingin dibawakan oleh penyair dalam puisinya, berfungsi sebagai landasan utama penyair dalam pengembangan puisinya. Misalnya tema yang diangkat adalah cinta, maka keseluruhan pembentuk puisinya akan dilandaskan berdasarkan sesuatu yang berhubungan dengan cinta.

Perasaan (Ekspresi)

Puisi dapat mewakili ekspresi dan berbagai perasaan penulisnya. Ekspresi itu dapat berupa rasa syukur, kerinduan, kegelisahan, atau pernyataan kasih sayangnya terhadap seseorang, hingga kekaguman terhadap keindahan alam.

Nada dan Suasana

Nada adalah skap tertentu yang dibuat oleh penyair terhadap pembaca: apakah puisi bersifat menasehati, menyindir, atau hanya memberikan suatu gagasan dan cerita tertentu. Sementara suasana adalah akibat yang ditimbulkan dari sikap, ekspresi dan unsur lain dari puisi terhadap pembacanya.

Amanat

Merupakan makna berupa pesan atau gagasan keseluruhan yang dapat disimpulkan atau ingin disampaikan oleh Penulisnya. Apakah Penyair mengajak kita untuk berbuat suatu kebaikan, menanggapi suatu isyu sosial, menjadi lebih kritis terhadap suatu masalah, dsb.

Demikianlah artikel tentang apa itu puisi dan penjelasanya semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.

Post a Comment

Previous Post Next Post