Apa itu Daring ?

sumber: unsplash

ZONANGALONG.COM – Di era new normal, sebagian besar masyarakat Indonesia berusaha menjalani hidup baru. Termasuk sistem online yang kini tengah diterapkan agar para pelajar tetap sehat dan aman dari penyebaran virus Covid-19.

Apa itu daring? Sistem pembelajaran online dianggap sebagai solusi yang tepat. Banyak sekolah dan universitas telah menerapkan sistem pembelajaran online atau virtual tanpa harus tatap muka. Meski disinyalir hal ini merupakan keluhan bagi sebagian masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi yang tinggal di daerah terpencil.

Untuk memahami hal ini lebih dalam, berikut adalah pemahaman tentang konten online. Akronim atau akronim dari dua kata dan jenisnya yang harus diketahui.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Apa itu Daring

Melihat kamus KBBI Kemendikbud, online adalah singkatan dari “network”, terhubung melalui jaringan komputer, internet, dll. Mengutip dari berbagai channel, guru, dosen, mahasiswa dan mahasiswa saat ini sedang melakukan kegiatan belajar mengajar secara online, termasuk saat mengerjakan pekerjaan rumah.

Laporan dari Fimela, dengan kata lain, pembelajaran online adalah metode pembelajaran yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan learning management system (LMS), seperti Zoom, Google Meet, dll.

Sistem pembelajaran “offline” merupakan sistem pembelajaran yang membutuhkan pembelajaran tatap muka. Menurut KBBI Kemendukbud, offline adalah akronim atau singkatan dari external network (an), terputus dari jaringan komputer.

Pengertian Daring

Secara linguistik, online lebih didefinisikan sebagai online, dan offline adalah offline. Dan itu memiliki arti tertentu dalam teknologi komputer dan telekomunikasi.

Online juga dapat diartikan sebagai keadaan komputer yang saling bertukar informasi karena terhubung dengan internet.

Dengan kondisi era pandemi, konsep online telah diperluas. Makna komputasi dan telekomunikasi dalam bidang interaksi dan dialog manusia diterapkan pada sistem pembelajaran, rapat kerja, kumpul keluarga, dan sebagainya.

Setelah memahami apa itu online dan apa artinya, berikut adalah pengertian komunikasi online. Komunikasi online memiliki arti tertentu bagi dunia komputer dan telekomunikasi. Diartikan juga sebagai keadaan dimana komputer dapat saling bertukar informasi karena terhubung.

Ada dua jenis komunikasi online, yaitu komunikasi sinkron atau simultan, dan komunikasi asinkron atau asinkron.

Jenis komputasi sinkron adalah penggunaan komputer, ponsel pintar, atau alat lain yang digunakan sebagai media perantara untuk komunikasi. Sesuai dengan namanya, “secara bersamaan”, dua orang yang ingin berkomunikasi memiliki waktu yang sama atau real-time.

Jenis komunikasi asinkron atau asinkron berbanding terbalik. Perbedaannya adalah waktu yang dibutuhkan untuk komunikasi. Karena jenis komunikasi ini tidak simultan.

Jenis Komunikasi Daring

Meski terdapat dua tipe umum daring, tetap ada jenis lain yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa jenis komunikasi daring:

Komunikasi Sinkron Video Call

Salah satu jenis komunikasi online sinkron adalah panggilan video. Seperti namanya, jenis komunikasi online ini menggunakan video call untuk saling terhubung. Oleh karena itu, Anda tetap bisa mengetahui status lawan bicara melalui layar smartphone atau komputer Anda.

Komunikasi Sinkron Chat

Jenis komunikasi sinkron berikutnya dilakukan melalui obrolan bersama atau obrolan tertulis. Saat ini berbagai platform menyediakan layanan komunikasi dengan saling chatting, seperti WhatsApp, Line Chat, SMS atau Short Massage Service.

Komunikasi Sinkron call

Metode komunikasi selanjutnya adalah menelepon secara serempak. Dimungkinkan untuk berkomunikasi melalui telepon. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan fungsi dalam aplikasi untuk memanggil orang jarak jauh.

Komunikasi Asinkron Video

Ini berbeda dari jenis komunikasi sinkron sebelumnya dari panggilan video. Video ini berkomunikasi secara tidak sinkron, Anda hanya membagikan video yang direkam dengan orang lain. Dapat dijelaskan bahwa komunikasi video asinkron semacam ini tidak dapat secara langsung mengetahui status lawan bicaranya.

Komunikasi Asinkron Chat

Jenis komunikasi obrolan asinkron ini masih dilakukan dengan menggunakan komputer atau telepon pintar dan jaringan internet. Namun, itu sama dengan komunikasi asinkron video.

Anda dapat menggunakan beberapa platform yang ada untuk berbagi pesan singkat, tetapi komunikasi akan tertunda.

Nah itulah penjelasan mengenai apa itu sobat ngalong semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua

Post a Comment

Previous Post Next Post