Mengenal Ikan Chinese Eater ( Ikan CAE ), Ikan Pembersih Kaca Akuarium

ZONANGALONG.COM - Kali ini saya akan merekomendasikan ikan bersih-bersih di aquasce ikan ini dikenal dengan nama Chinese Algae Eater (CAE). Ikan ini dikenal membantu menjaga akuarium tetap bersih dengan memakan alga, lumut, dan tanin.

sumber pinterst


Ikan CAE
merupakan ikan akuarium air tawar yang cukup mudah perawatannya. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di sungai terdekat dengan tempat tinggal Anda. Apalagi air sungai dari pegunungan. 

Klasifikasi Ikan Cae

Kerajaan : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinoprerygii

Ordo : Cypriniformes

Famili : Gyrinocheilidae

Genus : Gyrinocheilus

Spesies : G.Aymonieri

Tentang Ikan CAE

Ikan ini memiliki habitat alami, termasuk dalam kelompok genus tunggal dari famili Gyrinocheilidae, dan tetap menjadi keluarga kecil ikan Cypriniform yang berasal dari Asia Tenggara. 

Ikan pemakan alga Cina ini bertubuh ramping dan memiliki sirip kecil. Kepala memiliki nosel hisap unik yang akan menempel pada permukaan untuk aktivitas makan. 

Mulut ikan ini diberi nama suckermouth. Yaitu, ikan dengan perut yang berorientasi buruk, yang mulutnya dirancang untuk menyerap ganggang dan organisme kecil yang tumbuh di bagian objek yang terendam.

Ukuran alami ikan ini bisa sampai 28 cm, tetapi jika Anda memeliharanya di akuarium biasanya hanya akan sampai 12 cm.

Yang unik dari ganggang Cina ini adalah adanya celah insang dengan dua bukaan terpisah. Dari lubang ini, air masuk melalui satu lubang dan mengalir keluar yang lain. 

Oleh karena itu, ikan akan dapat bernafas tanpa harus mengambil air melalui mulut yang mereka gunakan untuk menghisap.

Baca Juga : Jenis dan Harga Ikan Cupang Red Koi

Kebiasaan dan Penyebaran

Ikan cae ditemukan di kawasan Lembah Chao Phraya, kawasan Mekong Kamboja, provinsi Yunnan China, Semenanjung Malaya bagian utara, serta Laos dan Thailand. Ikan ini sering ditemukan di perairan sungai yang mengalir dan anak sungai yang dangkal dan di suangai yang terkena sinar matahari.

Ikan ini menghabiskan sebagian besar waktunya di permukaan datar, seperti daerah berbatu. Mereka juga mendiami sungai-sungai besar dan sedang seperti sungai dan danau, terkadang masuk ke daerah banjir.

Ikan pemakan alga ini merupakan ikan yang sangat mudah dipelihara dan tidak mudah mati. Padahal air akuarium tempat ikan ini hidup tercemar berbagai kotoran.

Ikan ini banyak digunakan sebagai ikan hias dalam aquascaping. Saat ini banyak orang yang memiliki hobi memelihara ikan di aquascaping.

Selain itu, ikan ini dapat digunakan untuk membersihkan berbagai jenis kotoran, lumut dan alga yang tumbuh di akuarium. Ikan ini merupakan ikan hias dan memakan kotoran ikan lainnya.

Baca Juga :  Jenis - Jenis Ikan Piranha

Harga Ikan Cae


Harga ikan hias ini di pasaran cukup terjangkau. Ikan ini hanya dijual sebagai ikan hias, bukan untuk dikonsumsi. Harga ikan ini berukuran sekitar 5 sampai 10 cm berkisar Rp 5000 hingga 15000. Tertarik untuk memlihara ikan ini untuk membersihkan aquarium sobat ? silahkan beli disini 

{getButton} $text={Beli Ikan CAE} $icon={cart}

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama