Mengenal Ikan Toman, Ikan Predator Asli Perairan Indonesia

ZONANGALONG.COM - Toman merupakan Ikan predator yang sekarang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Selain untuk di konsumsi kini ikan toman sudah masuk ke dalam salah satu ikan hias yang banyak di pelihara, hal ini karena ikan ini sangat mudah untuk di pelihara dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam perawatanya.

Nama latin Ikan Toman adalah Channa Micropeltes dan masih satu keluarga dengan Snakehead atau Channidae.

Klasifikasi Ikan Toman

sumber shutterstock

Kerajaan : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Perciformes

Famili : Channidae

Genus : Channa

Spesies : C. Micropeltes

Tentang Ikan Toman

sumber pinterst

Nenek moyang ikan toman berasal dari Bukit Toman di hulu Sungai Musi di Sumatera Selatan. Ikan ini memiliki kepala yang besar dan mulut yang besar dengan taring yang tajam bentuk kepala ikan toman sangan mirip dengan ular ini alasan mengapa ikan toman kadang di sebut juga ikan snakehead.

Seperti yang kita ketahui bersama, bentuk tubuh ikan ini sepanjang torpedo, dan ekornya terlihat sangat bulat. Untuk ikan gabus Toman dewasa memiliki warna hitam kebiruan dengan perut agak keputihan.

Sedangkan untuk gabus toman, anakan ikannya berwarna merah muda, dengan garis-garis hitam dan jingga pada sisi ikannya.

Kepala yang berbentuk seperti kepala ular, dan rahangnya yang lebar, memungkinkan ikan toman memangsa ikan lain yang lebih besar.

Habitat dan Penyebaranya

sumber google.com

Ikan Toman adalah ikan teritorial dan agresif, sehingga mereka dapat menganggap ikan lain yang lebih kecil adalah mangsanya. Oleh karena itu, tidak disarankan memelihara ikan toman di akuarium atau habitat yang sama dengan jenis ikan lainnya. 

Ikan toman sendiri memang merupakan ikan predator dan bisa memakan jenis ikan lain, serta jenis hewan air lainnya seperti serangga atau katak di dekatnya.

Kebiasaan ikan hitam toman dewasa adalah berenang di dekat gerombolan gabus toman, dan dapat menyerang apa saja yang mendekat, karena takut mengganggu anak ayam toman. 

Beginilah cara nelayan atau pemancing menggunakan umpan kodok untuk memancing ikan jenis toman.

Ikan gabus toman ini memiliki habitat alami di seluruh Asia Tenggara, termasuk Kalimantan dan Sumatera. Belakangan ini, ikan gabus toman juga banyak dijumpai di sungai-sungai di Pulau Jawa.

Meski begitu, ikan ini tidak unik di Jawa. Selain di Indonesia, ikan gabus toman ini juga banyak ditemukan di Malaysia, Vietnam, Laos, India dan Myanmar.

Harga Ikan Toman Hias dan Ikan Toman Konsumsi

sumber id.wikipedia.com

Harga Ikan Toman Hias memang lebih mahal dari harga ikan toman kusus konsumsi. Jenis Ikan Toman Hias Redline bisa berharga hingga 2 juta per ekor. Sedangkan toman konsumsi bisa dijual berkisar antara 60.000-70.000 per kilogram. 

Sekian penjelasan tentang ikan toman semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama