Rahasia Jadi Blogger Sukses


ZONANGALONG.COM - Hari ini kita gak ngebahas tentang lagu lagi tapi hari ini saya mau membahas tentang blogging. Jadi saya mau memberikan tutorial bagaimana caranya menjadi orang yang sukses di dunia bloging dan bisa menghasilkan uang dari ngeblog.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Pembuka

Perkenalkan nama saya Batman selaku admin dan pendiri blog ZONANGALONG.COM. Saya nulis artikel tentang cara ngeblog ini karena lagi gabut aja padahal blog yang saya kelola belum pernah ada yang sukses dan menghasilkan uang.

Hmmm setelah kalian membaca kalimat "Saya nulis artikel tentang cara ngeblog ini karena lagi gabut aja padahal blog yang saya kelola belum pernah ada yang sukses dan menghasilkan uang.

pasti yang kalian semua pikirkan seperti ini

Netizen : Wah gila ini sih penipuan publik .... pembodohan ... buang - buang waktu aja !!!!!!

Saya : Eits tunggu dulu, saya gak bohong kok abis baca artikel ini kalian pasti jadi blogger sukses... Saya jamin 10000 %

Netizen : EHHH YANG BENER LO ...

Saya : Bener kok di jamin sukses ... tapi ...

Netizen : HAH ? TAPI APAAA NIH ?

Saya : Tapi ..... Nunggu saya sukses dulu baru kalian hahaha .....

Tapi tenang aja saya akan memberikan tips bagaimana menjadi blogger yang sukses dan bisa menghasilkan uang di blog di jamin no tipu - tipu. 

Artikel ini spesial saya buat untuk kalian semua dikarenakan saya baru aja di tolak oleh GOOGLE ADSENSEEE ......

Ini sudah kesekian kalinya saya di tolak oleh google adsense di blog yang saya kelola dan ini adalah penolakan pertama pada blog ini.

Sebelum kalian lanjut membaca artikel tips ngeblog ini saya ingatkan ke kalian harap segera sediakan teh atau kopi hangat untuk menemani kalian membaca, karena isi artikel ini bakalan panjang bangetttt ....... kaya kereta api.....

Harap dimaklumi kalau tulisan saya ini kurang profesional karena saya juga masih belajar.

Awal Mula Saya Ngeblog

Di bagian ini saya akan menceritakan sejarah saya bisa kenal dunia blogging dan berbagai platform blog yang pernah saya gunakan.

Pertama kali saya kenal yang namanya ngeblog itu sekitar tahun 2013. Awal mula nya karena saya melihat sebuah artikel tentang "Cara menaikan follower twitter" di google. Di dalam artikel tersebut di jelaskan bahwa salah satu cara untuk mendapatkan ribuan follower twitter secara mudah adalah dengan ngeblog.

Hahh ? Kok bisa ?

Yah bisa dong, karena orang yang punya blog pada waktu itu pasti mempunyai orang yang sering berkunjung di blog nya, kalo isi blog nya bagus dan artikelnya berkualitas pasti si pengunjung tersebut akan mengunjungi blog itu lagi dan selalu menunggu update an artikel terbaru dari blog yang berkualitas tsb.

Momen ini lah yang sangat saya inginkan, Setelah membaca artikel tsb saya pun langsung bergegas untuk searching di google bagaiamana caranya membuat blog. Akhirnya ketemu beberapa cara membuat blog dan platform blog yang paling populer kala itu adalah blogger.com.

Blog pertama saya pun berhasil di buat. Saya lupa nama dan alamat blog pertama saya tapi saya gak lupa rasa bahagianya ketika blog pertama saya di buat.

Saya senang bukan main waktu blog pertama saya berhasil di buat. Akhirnya tanpa pikir panjang, saya langsung mengisi blog pertama saya dengan artikel hasil copy paste isi artikel blog orang lain dengan harapan banyak orang yang berkunjung ke blog saya.

Setelah beberapa hari saya nge blog, saya di buat kesulitan untuk membuat artikel dan merubah tema melalui hp. 

Masa iya saya harus bulak - balik ke warnet ?? 

Kayaknya gak worthit banget deh karena biaya yang di keluarkan untuk ngeblog di warnet tidak sedikit.

Akhirnya saya memutuskan untuk mencari alternatif lain supaya bisa ngeblog melalui hp.

Setelah saya searching di google "Bagaimana cara ngeblog menggunakan handphone" akhirnya saya menemukan blog builder yang bisa melakukan aktivitas blogging melalui hp.

Tanpa pikir panjang saya pun mencoba membuat blog di platform tersebut.

Platform tersebut bernama Mywapblog, kalo kalian sama sekali tidak mengetahui apa itu mywapblog silahkan simak penjelasaanya di bawah ini.

Apa itu Mywapblog ?

Mywapblog adalah salah satu blog builder asal india yang di buat oleh Mr. Arvin Gustav dan platform mywapblog adalah platform yang saya cari - cari karena mywapblog memang di khususkan dan di targetkan untuk pengguna handphone.

Fyi: dulu saya ngeblog di mwb menggunakan hp java nokia x2 - 01.

Pengalaman saya ketika ngeblog di mywapblog begitu sangat nyaman. Bahkan hampir tidak ada masalah sama sekali ketika ngeblog di mwb di tambah lagi dengan adanya fitur chat room yang membuat saya semakin betah dan selalu membuka blog saya.

Dulu blog builder tidak hanya mwb saja, ada banyak blog builder seperti nextwapblog, wen.ru, xtgem dll. Tapi saya tetap memilih mywapblog karna sangat nyaman di gunakan.

Tapi aktivitas ngeblog saya di platform mywapblog tidak berlangsung lama, pada akhir 2013 setelah pertimbangan yang panjang akhirnya saya memutuskan kembali ke platform blogger.com.

Sejak pindah ke blogger.com saya mempunyai 4 blog yang saya kelola, tentunya saya membuat blog tersebut secara bertahap dan tidak sekaligus.

Dari ke empat blog tersebut hanya satu saja blog saya yang mempunyai pengunjung setia, bahkan sampai saat postingan ini saya dibuat masih saja ada pengunjung yang datang ke blog saya, padahal blog tersebut sudah lama tidak saya urus.

Dan pada tahun 2016 saya memutuskan untuk membuat blog baru yang bernama zonangalong dan ini adalah blog ke 5 saya.

Ide nama ngalong saya dapatkan dari komunitas grup blogger di facebook yang artinya "BEGADANG". 

Sesuai seperti aktivitas hewan kalong yang selalu aktif dimalam hari, Begitu juga dengan para blogger, ada sebagian blogger yang sering beraktivitas dimalam hari seperti kalong, salah satunya saya.

Sempat berjalan satu tahun sejak di dirikanya blog ini, akhirnya saya memutuskan untuk vakum pada pertengahan tahun 2017 di karena kesibukan saya di dunia nyata.

Lalu apa yang membuat saya kembali semangat untuk ngeblog lagi ?

Yang membuat saya semangat lagi menulis artikel di blog ini karena masih saja ada yang berkunjung ke blog ini.

Kamu bayangin aja saya sudah vakum sejak 3 tahun yang lalu tapi hampir setiap hari ada saja yang berkunjung ke blog ini. 

Setelah saya lihat data statistik blog ini, ada sekitar 1000 orang yang berkunjung ke blog ini setiap bulanya.

Jumlah tersebut tentu tidak terlalu besar di bandingkan blog para master yang sehari bisa mencapai 1000 - 10 rb pengunjung perharinya. 

Tapi hal tersebut lah yang membuat saya semakin semangat dan memotivasi saya untuk menulis artikel kembali.

Tapi ada satu hal yang ingin saya perbaiki yaitu kesalahan saya saat ngeblog karena itu yang membuat saya tidak pernah sukses di dunia blogging.

Lalu apa saja kesalahan saya saat ngeblog dari tahun 2013 sampai sekarang ?

Mari simak ulasanya di bawah ini.

Kesalahan saya saat ngeblog.

Inilah kesalahan blogger yang membuat tidak sukses, blogger gagal, cara jadi blogger sukses, kesalahan blogger pemula
Img from pexels.com

Inilah beberapa kesalahan saya saat ngeblog dan sering blogger pemula lakukan.

Tidak Konsisten dan Tidak Punya Tujuan

Pada saat saya ngeblog di mywapblog saya tidak hanya focus pada satu blog saja karena saya membuat beberapa blog lagi di mwb. Inilah penyebab blog saya mati secara perlahan satu - persatu.

Kenapa bisa begitu ?

Karena mengurus lebih dari satu blog itu sangat susah sekali. Dan karena saking asyiknya saya ngeblog di mwb saya sampe lupa tujuan awal saya ngeblog itu untuk apa.

Begitu pula ketika saya ngeblog di blogger.com saya masih melakukan kesalahan yang sama, mulai dari membuat banyak blog, sering ganti nama domain dan tentunya sering juga mengganti template.

Hal itulah yang membuat saya gagal saat ngeblog karena saya tidak konsisten dan mempunyai tujuan yang jelas.

Ibaratkan seorang nahkoda dalam sebuah kapal, blog saya ini tidak tahu arah tujuanya mau ke mana, mengalir saja hanyut mengikuti arus dan akhirnya terdampar dan tidak bisa berlayar lagi.

Tidak teratur dalam membuat postingan

Saat ngeblog di mwb, saya bisa membuat 10 artikel dalam sehari tentunya hasil copas dari user blog mwb lain. Untuk membuat 10 artikel dalam satu blog sangat mudah saya lakukan kala itu.

Tapi karena saya tidak konsisten membuat artikel secara kontinue, maka perlahan - lahan blog saya mulai sepi dan di tinggalkan oleh pengunjung karena tidak dapat updatean terbaru dari blog saya dan kesalahan tsb masih terulang saat saya mengelola blog ZONANGALONG.COM.

Untuk itu saya sampaikan pentingnya membuat artikel secara kontinue. 

Jika di ibaratkan blog kita ini adalah sebuah kendaraan, maka kita harus tetap membuat artikel sebagai bahan bakar blog kita ini.

Tidak perlu membuat 10 artikel dalam sehari, tapi minimal  buatlah satu artikel saja setiap hari.

Jika kalian benar - benar sibuk dengan urusan kalian di dunia nyata, Kalian hanya perlu membuat artikel seminggu sekali atau jika masih sibuk kalian bisa membuatnya sebulan sekali.

Intinya kalian harus tetap mengupdate blog kalian agar pengunjung setia blog kalian tidak pergi.

Sering merubah tampilan blog

Kesalahan yang berikutnya adalah saya sering merubah - rubah tampilan blog. Bahkan dulu saat saya ngeblog di mwb, bisa menganti tampilan blog saya sampai 3x dalam sehari.

Saya sarankan untuk para blogger pemula yang sedang membaca tips jadi blogger sukses di blog ini saya sarankan untuk tidak sering merubah - rubah tampilan blog kalian.

Memangnya kenapa jika keseringan mengganti tampilan blog ?

Jawabanya sangat simple.

Karena tampilan blog bisa menjadi ciri khas dari blog itu sendiri.

Saya sangat sering sekali menjumpai para master-master blogger yang jarang sekali mengganti tampilan blog nya.

Jika kalian bertanya mengapa para master blogger jarang mengganti atau mengupdate tampilan blog nya ?

Jawabanya sederhana karena tampilan blog nya sudah menjadi ciri khas.

Maka dari itu untuk blogger pemula sebaikanya kalian jangan terlalu sering mengganti tampilan blog. 
Tampilan memang pentimg tapi saran saya pilihlah tampilan blog yang menurut kalian paling keren kalo bisa yang responsive dan seo friendly agar pengunjung nyaman saat berada di blog kalian.

Suka COPAS (Copy Paste)

Kesalahan yang terakhir adalah suka copy paste isi artikel blog orang lain. Saya sarankan saja kepada blogger zaman now tolong jangan meng Copy Paste artikel orang lain apalagi jika tujuan kalian ngeblog untuk menghasilkan uang dari google adsense. 

Karena Google Adsense melarang untuk mengcopy isi artikel orang lain, jika blog yang kalian daftarkan ke google adsense isi nya hasil copy paste artikel orang lain saya jamin blog kalian tidak akan di terima oleh google adsense.

Kesimpulan :
  • Untuk menjadi blogger yang sukses kuatkan niat kalian agar terus konsisten dalam ngeblog.
  • Buatlah artikel secara rutin dan teratur di blog kalian agar blog kalian cepat terindex oleh google dan mendatangkan pengunjung baru ke blog kalian.
  • Jangan Copy Paste isi artikel orang lain karena ini membuat blog kalian tidak memiliki ciri khas dan ini melanggar aturan.

Itulah beberapa kesalahan saya saat berada di dunia blogging, informasi ini bisa jadi acuan dan tips untuk kalian para blogger pemula agar kalian dapat menghindari kesalahan fatal dalam dunia blogging.

Lalu apa saja tips nya untuk menjadi Blogger yang sukses dan Bisa menghasilkan uang ?

Berikut ini akan saya sampaikan tips menjadi seorang yang sukses di dunia blogging.

Bagaimana cara menjadi blogger yang sukses ?

Cara menjadi blogger sukses, bagaimana agar sukses ngeblog, cara mendapatkan uang dari blog, google adsense
source unplash.com

Tujuan anda semua ngeblog pasti terfocus kepada uang.

Itu adalah pikiran yang salah karena mendapatkan uang dari blog itu gak segampang yang kalian pikirkan.

Untuk para pemula lebih baik untuk focus membuat konten berkualitas agar blog kalian juga berkualitas.

Untuk membuat blog yang keren dan ramai pengunjung silahkan simak tips nya di bawah ini.

Menentukan Topik atau Niche

Sebelum anda membuat artikel pastikan anda sudah punya bayangan topic apa yang akan di bahas di blog anda. Carilah topik yang benar - benar anda kuasai agar blog anda sukses.

Untuk para blogger pemula saya sarankan untuk menentukan satu topik saja di blog nya jangan lebih dari itu, karena jika kalian membuat banyak topik di blog kalian maka blog kalian tidak unik dan tidak mempunyai ciri khas.

Ini adalah beberapa contoh topik yang ramai pengunjung

  1. Blogging
  2. Bisnis
  3. Kesehatan
  4. Gaya Hidup
  5. Kuliner
  6. Teknlogi

Topik di atas hanyalah contoh saja , saya sarankan anda untuk menentukan topik blog sesuai dan benar - benar anda kuasai.

Memilih Platform

Sebelum kalian membuat blog, pastinya kalian harus memilih dulu platform apa yang cocok dengan kamu. Saya merekomendasikan 3 buah platform yang bagus untuk kalian yang baru ingin memulai ngeblog.

  1. Blogger.com
  2. Wordpress.com 
  3. Wordpress.org

Untuk pemula saya merekomendasikan untuk membuat blog di platform blogger.com dan wordpress.com karena tidak ada biaya untuk membuat blog di kedua platform tersebut alias gratis.
Lalu untuk siapakah wordpress.org ?

Paltform wordpress.org ini untuk blogger yang sudah profesional. 

Kenapa ?

Karena untuk membuat blog di platform ini anda harus mengeluarkan modal yang tidak sedikit. 
Untuk apakah modal tersebut ?

  1. Domain
  2. Hosting
  3. Plugin
  4. Dll

Wordpress.org pada dasarnya gratis tapi anda membutuhkan hosting untuk menginstallnya dan domain untuk mengakses ke blog anda.

Untuk pemula apa tidak bisa menggunakan platform wordpress.org ?

Sebenernya kalau kalian punya modal untuk membeli hosting dan domain silahkan saja.

Jika kalian ingin langsung mencoba wordpress.org saya akan rinci biaya termurahnya.

  1. Domain 125rb pertahun
  2. Hosting 50rb perbulan
50.000 x 12 = 600.000 + 125.000 = 725.000 pertahun

Jadi dari jumlah diatas, anda harus membayar 725.000 untuk menyewa domain dan hosting selama satu tahun.

Itu hanya contoh saja karena harga di setiap layanan hosting dan domain berbeda - beda.

Saran saya jika kalian memilih ngeblog lewat wordpress.org konsistenlah dan jangan cepat bosan. 

Karena sayang jika kalian berhenti di tengah jalan mengingat uang yang kalian keluarkan tidak sedikit.

Memilih Tema

Sebelum kalian membuat artikel pastikan kalian sudah mempunyai tema untuk blog kalian. Jika kalian bingung untuk memilih tema yang tepat untuk blog anda, saya akan memberikan beberapa tips dalam memilih tema.

Pastikan tema blog kalian harus :
  1. Simple 
  2. Enak di pandang
  3. Responsive
  4. Seo Friendly
  5. Dan pastinya ringan

Itulah tips untuk menentukan tema blog, pastikan kalian memilih tema yang tepat dengan selera kalian supaya kalian tidak ganti - ganti tema lagi dan focus untuk menulis artikel.

Membuat Artikel Berkualitas

Menulis artikel yang berkualitas sangat penting untuk blog kalian. Jika artikel kalian berkualitas otomatis blog kalian juga berkualitas.

Tips untuk membuat artikel berkualitas:

  1. Buatlah artikel minimal 500 kata
  2. Isi konten bermanfaat
  3. Mudah di baca
  4. Dan tidak copy paste

Oh iya pastikan kalian menulis sesuai niche yang kalian kusai ya agar artikelnya lebih berkualitas.

Kesimpulan :

  • Untuk menjadi blogger yang sukses kuatkan niat kalian agar terus konsisten dalam ngeblog dan pastikan sudah mempunyai tujuan agar blog kalian terus belayar di luasnya samudera Google Search Engine.
  • Pastikan kalian sudah mempunyai topik yang menarik untuk di bahas di blog kalian.
  • Dan pastikan kalian sudah menentukan platform yang akan kalian pakai untuk ngeblog.
  • Pilihlah tema blog yang kalian sukai agar kalian tidak mengganti - ganti tema.
  • Yang terakhir fokus lah membuat artikel yang berkualitas agar blog kalian juga berkualitas.

Itulah beberapa langkah menjadi blogger yang sukses, lalu langkah selanjutnya apa ?

Jika kalian sudah mengikuti tips di atas dan blog kalian sudah ramai pengunjung, langkah berikutnya adalah mendaftarkan blog kalian ke Google Adsense.

Untuk saat ini caranya tidak ada di blog ini, jadi kalian cari sendiri cara nya di google cara mendaftar google adsense.

Jika kalian sudah mendaftar google adsense, blog kalian akan di tinjau oleh tim google apakah blog kalian layak untuk di pasangi iklan.

Lamanya peninjauan sekitar 2 minggu jadi kalian harus sabar menunggu, jika blog kalian di terima bersyukurlah tapi jika blog kalian di tolak biasanya tim google akan memberikan alasan mengapa blog kalian di tolak. 

Jika itu terjadi periksa kembali lah apa yang salah dengan blog kalian, lalu ikuti intruksi dari tim google adsense dan segeralah peebaiki hal itu.

Oh iya ada satu tips lagi, ini opsional jadi terserah kalian mau make tips ini atau tidak, jika tidak pakai juga tidak masalah.

Tips nya adalah gunakanlah Top Level Domain (TLD) pada blog kalian.

Apa itu Top Level Domain ?

Top level domain adalah bagian akhir dari nama domain Anda. Contohnya :

  • .Com
  • .Net
  • .Biz
  • .Xyz
  • .Id
  • Dll

Kalo kalian masih bingung saya beri contoh lagi. Jika kalian ngeblog di blogger.com atau wordpress.com nama blog kalian akan menggunakan subdomain.

Jadinya akan seperti ini :

  • zonangalong.blogspot.com
  • zonangalong.wordpress.com

Yang saya beri tanda hitam itu namanya subdomain.

Berbeda jika blog kalian menggunakan Top level domain, maka alamat blog kalian akan menjadi seperti ini :

  • zonangalong.com
  • zonangalong.net
  • zonangalong.id

Sekarang terlihatkan perbedaanya jika menggunakan top level domain ?

Selain membuat blog kalian terlihat keren dan profesional, ini juga akan memudahkan pengunjung mengingat nama blog anda.

Untuk membeli domain kalian hanya butuh mengeluarkan uang sekitar 125rb pertahun. Harga bisa berbeda - beda tergantung di mana tempat kalian membeli domain.

Sekali lagi tips ini boleh anda gunakan boleh juga tidak anda gunakan.

Penutup

Sampai juga kita pada penghujung artikel ini. Sebelum saya menutup dan mengakhiri sesi ini, saya ucapkan banyak terima kasih kepada kalian yang sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel Cara Menjadi Blogger yang Sukses. 

Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya ngeblog dari tahun 2013 sampai sekrang tahun 2021. Jika informasi dari blog ini masih kurang kalian bisa mencari referensi lain di Google.

Semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat dan untuk kalian semua. Akhir kata saya selaku admin blog ZONANGALONG.COM mengucapkan terima kasih banyak.

Post a Comment

Previous Post Next Post