Apa Itu Saham ?

Apa Itu Saham? Simak Pentingnya Untuk Investasi Jangka Panjang

{tocify} $title={Daftar Isi}

ZONANGALONG.COM - Hai Kalongers yang masih setia mengunjungi dan membaca blog ini dimanapun kalian berada admin ucapkah terima kasih banyak sebesar - besarnya. karena tanpa kalian semua kalongers, blog ini bukan apa-apa.

Semakin hari perkembangan kemajuan zaman telah mengalami puncaknya. Berbagai macam bentuk kemajuan dari teknologi saat ini sudah semakin terlihat dan menjadi sebuah hal yang ada sebagai bagian dari kehidupan manusia. 

Adanya perkembangan teknologi yang semakin berkembang saat ini tentu menjadi sebuah tantangan baru bagi setiap orang. Dimana untuk mencari kerja dan mendapatkan penghasilan yang layak dibutuhkan persaingan yang begitu luar biasa. Tentunya harus ada solusi yang diambil oleh setiap orang agar dapat bertahan dalam dunia bisnis yang dijalankannya.

Membahas terkait dengan hal tersebut tentunya tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan hidup semakin hari akan terus berkembang. Setiap orang perlu memiliki investasi yang menjamin kehidupannya disaat ini dan juga dimasa mendatang. 

Dengan begitu kesejahteraan yang didapatkan akan benar benar didapatkan dengan baik oleh setiap orang tentunya. Untuk itulah maka penting bagi setiap orang agar dapat menyadari betapa pentingnya untuk melakukan investasi sejak dini. Agar kemudian kehidupan yang dijalankannya bisa jauh lebih mudah dan juga kesejahteraan bisa didapatkan dengan baik nantinya.

Tentunya saat ini ada banyak sekali berbagai investasi yang dapat dilakukan oleh setiap orang sebagai upaya menjamin kehidupan yang baik untuk mereka. Akan tetapi investasi yang terbaik saat ini dan  dapat dijadikan sebagai pilihan tepat oleh setiap orang tentunya berkaitan dengan saham. Saham sendiri hingga saat ini masih dapat dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat dilakukan oleh setiap orang dimanapun berada. 

Tentunya sebagian orang belum begitu memahami apa itu saham dan bagaimana peranannya dalam investasi jangka panjang. Sehingga tidak akan mudah untuk kemudian menjadi seorang investor saham yang pastinya akan memberikan peluang keberhasilan begitu besar.

Nah, perlu dipahami bahwa saat ini perkembangan saham sendiri sudah semakin maju dan banyak orang yang berinvestasi didalamnya. Setidaknya saat ini ada sebanyak 15 aspek dari saham yang pada dasarnya wajib untuk diketahui oleh seorang investor pemula. 

Tentunya ini menjadi sebuah pengetahuan yang sangatlah penting untuk dimiliki oleh kamu yang nantinya akan terjun dalam dunia saham. Karena jika kamu tidak memiliki ilmunya maka seakan akan seperti meraba raba dalam kegelapan dan kesuksesan tidak akan menghampirimu. Tentu sebelum terjun lebih jauh lagi maka kamu perlu tahu terlebih dahulu terkait dengan saham dan segala hal yang ada didalamnya.

Apa itu saham dan bagaimana cara untuk berinvestasi saham tentunya menjadi sebuah pertanyaan yang paling umum terjadi. Sebab, kebanyakan orang Indonesia masih memiliki literasi yang minim mengenai saham itu sendiri hingga saat ini. Sehingga tidak heran apabila hingga saat ini tidak banyak orang yang berkecimpung dalam dunia investasi saham itu sendiri. 

Pada artikel kali ini saya akan mengajak kalian mengenal yang namanya SahamKarena di tahun ini lagi ngetrend banget yang nama nya Investasi baik itu Saham, Reksadana atau Cryptocurrency.

Istilah - istilah tersebut sekarang ngetrend banget di kalangan anak muda apalagi dengan adanya media seperti Youtube, Tiktok, Telegram dan semacamnya tentu ini sangat memudahkan sekali untuk belajar investasi.

Untuk itulah maka dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai beragam hal yang berkaitan dengan saham itu sendiri. Sehingga sebagai pembaca kamu bisa tahu lebih jelas mengenai saham itu sendiri dan kemudian memiliki pengetahuan mengenai hal tersebut.

Berikut Penjelasan Lengkap Mengenai Apa Itu Saham, Untuk Pemula sebaiknya simak dengan benar Cara Investasi Saham. Untuk Investasi Saham sekarang bisa di lakukan secara Online alias Investasi Saham Online dan kalian bisa memilih ingin Berinvestasi di Saham Biasa, Saham Preferen atau Saham Syariah.

Berikut Penjelasan Lengkapnya Mengenai Saham.

Apa Itu Saham? Simak Pentingnya Untuk Investasi Jangka Panjang

Apa Itu Saham? Simak Pentingnya Untuk Investasi Jangka Panjang!  Saham adalah tanda penyertaan modal dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Karena ikut tanamkan modal maka punya klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas aset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Sederhananya saham merupakan sebuah tanda penyertaan modal seseorang ataupun badan usaha tertentu dalam suatu perusahaan ataupun PT. Hal hal yang menyangkut ketentuan terkait dengan saham itu sendiri tentunya telah tercantum didalam UU Perusahaan Terbatas No. 40. Tentunya banyaknya saham yang ditanam didalam sebuah perusahaan ataupun PT berdasarkan pada perjanjian yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Orang yang menanam saham dalam sebuah perusahaan nantinya akan memiliki klaim terhadap pendapatan yang dimiliki oleh perusahaan. Tentunya berbagai macam klaim dapat diajukan oleh orang yang menyertakan modal usahanya dalam bentuk saham terhadap perusahaan. Berbagai kalim yang dapat dilakukan tentunya berkaitan dengan pendapatan perusahaan, asset perusahaan, hingga pada adanya RUPS. 

Para pemegang saham didalam sebuah perusahaan memiliki hak hak yang dapat diajukan didalam klaim terhadap perusahaan. Tentunya hal tersebut menjadi bagian kecil yang akan memberikan kamu pengetahuan mengenai apa itu saham yang penting untuk dipahami.

Aspek saham yang penting untuk dipahami

Setelah mengetahui terkait dengan saham itu sendiri dan bagaimana pemahamannya terkait dengan hal tersebut maka ada hal lain yang penting dipahami. Salah satunya adalah terkait dengan aspek saham yang pada dasarnya menjadi point penting yang wajib dipahami oleh para investor pemula. 

Setidaknya terdapat sebanyak 15 aspek saham yang menjadi sebuah hal yang sangatlah penting untuk dijadikan sebagai pemahaman. Sehingga kemudian akan jauh lebih paham mengenai saham itu sendiri sebelum kemudian memutuskan untuk terjun didalam dunia investasi saham. 

Tentu ini menjadi sebuah hal yang sangatlah penting untuk benar benar dipelajari dengan baik oleh setiap orang sebelum berinvestasi saham.

Aspek utama yang perlu dipahami mengenai saham sendiri adalah deviden yang dapat diartikan sebagai sumber keuntungan utama yang bisa didapatkan. Dalam hal ini tentunya pembagian keuntungan sendiri bergantung pada adanya laba dari perusahaan yang dijadikan sebagai ganti rugi. 

Sehingga tidak semua laba dibagikan kepada pemegang saham, sehingga hal tersebut dijadikan sebagai deviden. Selain itu tentunya pembagian laba yang diberikan kepada para pemegang saham sendiri bergantung pada besaran kepemilikan saham di perushaaan tersebut.

Jenis - jenis saham

Salah satu aspek penting yang pada dasarnya perlu dipahami terkait dengan apa itu saham adalah jenis jenis yang tersedia. Tentu terdapat dua jenis saham yang kini banyak dipilih oleh setiap orang dalam melakukan investasi jangka panjang mereka. 

Yaitu Saham Biasa dan Saham Preferen, berikut perbedaan antara saham biasa dan saham preferen.

Apa itu Saham Biasa ?

Saham Biasa adalah dimana para investor bisa mengklaim adanya kepemilikan semua aktivas dan juga keuntungan dari perusahaan. Pada investasi saham biasa ini tentunya memiliki kewajiban yang terbatas dan berlaku saat perusahaan mengalami pailit. Dimana investor hanya menanggung kerugian sebesar investasi yang ditanamkan didalam sebuah perusahaan tentunya.

Apa itu Saham Preferen ?

Saham Preferen adalah jenis saham yang menggabungkan adanya obligasi dengan saham biasa. Tentunya setiap orang yang melakukan penanaman saham dengan jenis ini akan mendapatkan pendapatan yang tetap. Seperti layaknya bunga obligasi yang harus dibayarkan oleh perusahaan kepada penanam saham dan ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri.

Tentunya saat kamu bisa memahami dengan baik terkait apa itu saham maka nantinya akan didapatkan begitu banyak keuntungannya. Dimana kamu akan paham benar mengenai saham dan bagaimana mekanismenya dalam investasi jangka panjang yang dilakukan, semoga dapat bermanfaat.

Itulah perbedaan antara saham biasa dan saham preferen.

Keuntungan Berinvestasi Saham


Berikut adalah keuntungan yang kamu dapatkan ketika kamu berinvestasi di saham

1. Dividen

Kenapa harus investasi di saham mendapatkan dividen, apa itu dividen ? Dividen adalah pembagian laba yang diberikan perusahaan kepada para pemegang saham. Dividen itu sendiri berasal dari keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan. Dividen terbagi menjadi dua jenis, yaitu tunai dan saham.

Dividen Tunai adalah uang yang di berikan oleh perusahaan ke pada pemilik saham, jumlah uang yang di berikan tergantung berapa banyak yang di miliki karena perusahaan akan memberikan uang tunai kepada pemegang saham per satu lembar saham yang mereka miliki.

Dividen Saham adalah keuntungan yang berupa saham, jika kita mendapatkan dividen saham maka jumlah saham yang kita miliki akan bertambah.

2. Capital gain

Kenapa harus investasi di saham mendapatkan capital gain, apa itu capitl gain ? Capital gain adalah keuntungan yang diberikan perusahaan kepada pemegang saham dari hasil selisih harga beli dan harga jual saham.

Contohnya kamu membeli saham A dengan harga Rp 1.000 per lembarnya kemudian kamu menjualnya di angka Rp3.000 per lembar. Berarti kamu mendapatkan capital gain sebesar Rp 2.000 per lembarnya dari hasil penjualan saham tersebut.

3. Modal Investasi Kecil

Kenapa harus investasi di saham karena modal investsinya sangat terjangkau, cukup dengan Rp 100.000 kamu sudah bisa membeli beberapa lembar saham yang keuntunganya bisa berlipat ganda di kemudian hari.

4. Aman dan transparan

Kenapa harus investasi di saham proses transaksinya sangat aman sebab semua aktivitas jual dan belinya dilakukan dalam satu ruang lingkup saja, yaitu bursa efek. 

Penutup

Nah itulah pengertian tentang saham dan alasan kenapa kalian harus mulai berinvestasi di saham. Semoga artikel ini dapat membantu kalian

Post a Comment

Previous Post Next Post