5 Hewan Buas Penguasa Sungai Amazon


ZONANGALONG.COM - Tahuhkah kamu ? Sungai Amazon Merupakan sungai terpanjang kedua di dunia setelah sungai Nil. Sungai ini menjadi rumah bagi lebih dari 2.000 spesies ikan di dunia dan ada lebih dari 400 jenis amfibi di sungai ini.

Di antara hewan air yang mendiami Sungai Amazon, ada beberapa hewan yang tergolong buas dan bahkan bisa membahayakan manusia. 

Penasaran hewan apa saja yang ada di sungai ini, Simak satu per satu apa saja hewan buas yang ada di sungai amazon.

1. Ikan Piranha


Ikan Piranha merupakan salah satu ikan predator yang terkenal karena memiliki gigi yang sangat tajam. Ikan ini umumnya berburu secara berkelompok. 

Dengan gigi nya yang sangat tajam, ikan piranha mampu melumpuhkan mangsanya dengan cepat walaupun ukuran mangsanya lebih besar dari tubuhnya.

Dari 20 jenis ikan piranha yang hidup di Sungai Amazon, Ikan piranha perut merah yang terkenal sangat agresif dan pernah menyerang manusia.

2. Caiman Hitam


Caiman hitam yang bernama latin Melanosuchus niger merupakan predator berbahaya yang mendiami Sungai Amazon. 

Dilansir dari Kompas.com mereka juga hidup di berbagai habitat air tawar seperti sungai yang tenang, danau atau sabana yang tergenang air.

Dengan panjang tubuh yang bisa mencapai 6 meter, caiman hitam merupakan predator puncak di sungai Amazon.

Di Habitatnya, Black caiman biasa memangsa ikan, salah satu nya ikan piranha. Selain memangsa ikan, black caiman juga memangsa unggas, kura-kura, hingga hewan-hewan darat seperti rusa.

Bahkan, dengan ukuran tubuhnya yang besar, Black caiman bisa memangsa predator lain di Sungai Amazon, seperti anakonda. Oleh sebab itu, black caiman dewasa dikenal sebagai salah satu pemangsa puncak di sungai amazon.

3. Belut Listrik


Sesuai dengan namanya, belut ini dapat menyalurkan aliran listrik. Meski disebut sebagai belut, belut listrik ini justru lebih berkerabat dengan lele dibanding belut pada umumnya. 

Mereka hidup di perairan dangkal dan berlumpur biasanya mereka muncul ke permukaan setiap sepuluh menit sekali untuk bernapas di permukaan air. 

Di habitatnya Mereka adalah predator yang suka memangsa ikan, amfibi, burung, dan mamalia kecil. Belut listrik meruapakan hewan introvert yang suka menyendiri dan jarang sekali bersosialisasi, mungkin ini di sebabkan oleh aliran listrik yang mereka miliki.

Setiap belut listrik mampu menghasilkan aliran listrik mencapai 600 volt, aliran ini tentu sangat besar, sekali senggol hewan lain bisa mati. Mungkin inilah alasan belut listrik lebih sering berdiam diri dan enggan untuk bersosialisasi.

Dengan panjang tubuh yang bisa mencapai 250 cm belut ini bisa menghasilkan kejutan listrik yang cukup kuat sampai bisa melumpuhkan seekor kuda. Jadi, kalian harus berhati-hati jika bertemu dengan belut yang satu ini.

4. Ikan Candiru


Candiru merupakan ikan kecil yang mendiami sungai Amazon. Sekilas ikan ini memang terlihat tidak berbahaya, tetapi ikan ini merupakan ikan parasit yang suka memakan darah ikan lain. 

Habitat ikan Candiru berada di perairan yang berarus tenang dan dangkal. Cara Ikan ini makan cukup unik, Candiru akan menyerang target buruan nya dengan cara masuk ke dalam insang ikan dan kemudian memakan darahnya hingga membuat ikan tersebut mati.

Beberapa isu yg beredar bahwa ikan candiru dapat masuk ke dalam alat kelamin manusia, jika sudah terlanjur masuk, ikan ini akan sangat sulit sekali untuk dikeluarkan. 

Karenanya, candiru menjadi makhluk yg paling ditakuti oleh penduduk setempat, bahkan melebihi ikan piranha.

5. Anaconda


Anaconda merupakan salah satu jenis ular terbesar yang masih hidup di Dunia. Tentu kita sudah tidak asing lagi mendengar ular yang satu ini. Bahkan ular anaconda ini sangat ikonik sekali sebagai hewan berbahaya yang suka memangsa manusia.

Anaconda memang sudah dilabeli sebagai ular pemakan manusia selama ratusan tahun. Namun sebenarnya, kita bukanlah termasuk mangsa yang menggiurkan untuk mereka.

Dilansir dari LiveScience, anaconda lebih memilih memangsa hewan-hewan mamalia seperti sapi, kambing, atau kancil!

Ular anakonda tidak berbisa dan cara mereka makan pun cukup unik, Anakonda akan meremas hewan hasil buruannya, hingga hewan tersebut lemas dan tidak berdaya. barulah mereka akan memakan hasil buruannya secara utuh.

Habitat ular ini biasanya di rawa-rawa dan sungai yang berarus tenang, terutama di hutan hujan tropis di lembah Amazon dan Orinoco. 

Fakta menarik, Ular ini cukup lambat saat berada di darat, tetapi ketika berada di dalam air, mereka berubah menjadi perenanh handal dan bergerak dengan begitu cepat.

Terdapat empat jenis anakonda yang hidup di dunia! diantaranya; Anakonda Hijau, Anakonda Bintik Hitam, Anakonda Kuning, dan Anakonda Bolivia.

Dari keempat jenis tersebut anakonda hijau lah yang ukuranya paling besar dibandingkan dengan jenis anakonda lainnya.

Itulah 5 Hewan Buas yang mendiami sungai amazon.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama